Information Technology

Segala Informasi Mengenai Dunia IT disekitarmu…

Mengenal Format video MKV (Matroska Video)

Dengan banyaknya media atau perangkat pemutar video, saat ini format video yang ada sangat banyak. Tetapi dari sekian banyak, salah satu format video yang mulai banyak beredar dan digunakan terutama untuk kualitas tinggi (High Definition/HD) adalah MKV (Matroska Video). Apa sebenarnya Matroska, MKV dan apa keunggulannya dibanding format lainnya?

Matroska merupakan standard format kontainer Multimedia yang bersifat terbuka, merupakan format file yang dapat menyimpan banyak (tidak terbatas) jumlah video, audio, gambar, track subtitle hanya dalam sebuah atau satu file. Sebenarnya mempunyai konsep yang mirip dengan format AVI, MP4,3GP,FLV atau ASF, tetapi Matroska merupakan format dengan spesifikasi yang terbuka sepenuhnya (open source). MKV merupakan tipe file Matroska untuk video (dengan subtitle dan audio).

Matroska Video

Sebelum dilanjutkan, ada hal penting untuk diperhatikan atau diklarifikasi tentang apa itu Multimedia (Audio/Video) Container. Untuk menghindarkan kesalahpahaman, Multimedia Container bukan merupakan teknik kompresi format video (bukan video codec), tetapi bisa dikatakan merupakan tempat menampung berbagai file atau data (audio, video, subtitle,menu,chapter dan lainnya) dalam sebuah file.

Gambar. Sebuah file matroska yang berisi video, audio, subtitle dan chapter menu.

Kata Matroska diturunkan dari kata Russia Matryoshka (Russian: матрёшка [mɐˈtrʲoʂkə]), yang merupakan boneka khas Russia yang dapat diisi dengan bentuk boneka-boneka yang lebih kecil. Ini adalah permainan kata dari container matroska (media didalam media / boneka didalam boneka) yang dapat menampung bernagai macam data video dan audio.

Beberapa fitur Matroska antara lain :

  • Pencarian yang cepat didalam file
  • Adanya Entri Episode (chapter)
  • Mendukung Full metadata (tags)
  • Data subtitle/audio/video yang dapat dipilih
  • Dapat dikembangkan sendiri dengan mudah
  • Error resilience (dapat dijalankan/recovery meski sebagian data rusak)
  • Dapat dijalankan secara streaming baik melalui internet atau jaringan lokal
  • Mempunyai menu seperti DVD

Melihat fitur-fitur diatas, selain keunggulan spesifikasi format yang bersifat open source, tidak salah jika banyak perangkat yang mulai mendukung format ini di dalamnya, seperti misalnya Android. Selain itu, sebagian besar software juga sudah mendukung sepenuhnya format ini, seperti VLC, PowerDVD, MPlayer, foobar2000, AllPlayer, Media Server, XBMC dan juga web browser Google Chrome. Di artikel Wikipedia berikut Comparison of container formats, MKV terlihat juga mempunyai fitur yang paling lengkap.

Di tahun 2010 telah diumumkan bahwa WebM ( format audio-video yang disponsori Google dan disediakan gratis, sebuah format video kompresi terbuka) akan mendasarkan pada profil format container Matroska bersama dengan VP8 dan juga Vorbis audio, digunakan untuk format video HTML5. WebM sendiri sudah didukung mulai Firefox 4, Opera 10.6, Google Chrome.

 Artikel berikutnya kit akan membahas format video codec yang populer saat ini, yaitu x264/AVC

Sumber: http://ebsoft.web.id/mengenal-format-video-pilihan-mkv-matroska-video/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: